Selasa, 01 April 2014

Sekelumit Cerita Praktek Kerja Lapang (part 3)

...kembali menyambung cerita lalu...


Selamat malam Sekako, selamat malam Muara Teweh, selamat malam Kalteng
Semangat buat yang masih setia membaca blog Uni Yaaaa.. :D

Karena kemarin ga sampet nyeritan laporan kegiatan gue selama PKL so kali ini gue akan cerita dan melaporkan apa aja yg ludah di kerjain selama PKL. Tanggal 20 terakhir Inge-post kegiatan, sekarang lanjutannya 21 februari 2014 dan seterusnya.

Tetap baca terus yaaaa ^^

21 Februari 2014
Hari ini kita sedang ga ada kerjaan, alias gabut men. Kayaknya emang bakalan lama deh gabutnya. soalnya emang disini lagi sepi dan ga ada orang (re:ada tapi sedikit). Semua karyawan pada dipulanngkan karena ga ada kegiatan perusahaan. yaa gimana lagi, kita mah cuma PKL doang, ga lebih, ya udah deh ngikitun aja jadwal (ga ada jadwal kegiatan) bingung-bingung deh apa yang mau diisi nanti di jurnal harian (hahaha). Harii ini gua nyiba makanan yang namanya "Papakken" (lihat gambar diatas) sejenis durian, kulitnya berduri sama banget sama kayak durian, cuma durinya ga setajam durian masih lembut-lembut gitu. terus tekstur daging buahnya yang agak tebal namun lengket itu bikin mau.dan mau lagi. Warna dagingnya yang sangat menarik "Orange" kekuningan gitu, siapa coa yang ga tertarik dengan tampilannya yang menawan ? (loh). Paken ini banyak lo ditemui di daerah Kalimantan, (di Jawa? mana ada). asal pembaca tahu, banyak banget jenis durian yang gita tahu selama ini. ada empat jenis (mau tahu? baca terus ya blog ini). Malam nya kita bakar-bakar diajakin sama TPTI. mereka bikin acara bakar ayam dan ikan. mantep banget lah, ikannya (Nila) hasil pancingan di kolam ayah reren, dan ayam hasil tangkapan peliharaan yang ada di TPTI (ga tau punya siapa). sampe jam 10an malam lah kita berempat (uni,buntang,oma,fareza) pulang ke kamar dan tiduuur zzzZZ.

Nah, lanjut lagi ya ke hari berikutnya, dan kayaknya gue bakal ngeliatin foto-foto kegiatannya ya, cerita dan laporannya dikit aja, hehe (lagi males ngetik -.-", maaf yaa :))

Yuuuukks lihat kegiatan kita :D
22 Februari 2014


Hari ini Pak De Jaya ngajakin kita ngambilin singkong, buat dibikin singkong goreng. Karena kalian ga bisa ngerain jadi si ceritain aja ya, rasa singkongnya gurih banget, enak, empuk, klo dimakan krik-kriuk, enak deh pokoknya, sampe tangah malam di kamar Pak De dan sambil dangdutan. (haha)


23 Februari 2014
goes to field (re:logpond)
Mulai dari muat oleh Loader, terus pendataan nomor kayu, penyusunan kayu ke rakit oleh masyarakat disekitar mnggunakan tali tambang dan paku besi, kayu disusun serapi mungkin,( jenis : meranti,keruing, dan jenis terapung)


 Akhirnyaaa, hari ini kita ga gabutersss lagi kawan. Hari ini kita pergi ke logpond karena disana sedang ada perakitan kayu, so kita jalan ke sana sekitar 1,5jam kita sampai di logpond, kita liat muat ke rakit yang disusun sejajar, dan dihubungkan dengan tali tambang yang telah diikat dengan paku besi. Lanjut lagi setelah lama di pinggir Sungai Barito kita beranjak belajar TUK (Tata Usaha Kayu) dan urusan surat menyuratnya yang ribet itu -.-"


24 Februari 2014 dan 25 Februari 2014  
we are nothing to do. just sit into the office, and make something ex.read RKU, RKT, SOP etc. (alay dikit pake b.inggris, kali aja ketemu bule (looooh apa ini? -.-?' pokoknya 2 hari ini kita ga ada kerjaan aja. (titik)

26 Februari 2014
goes to TPTI (belajar nanem sungkai)
Ini kita lagi belajar nanem bibit Sungkai hasil dari stek batang, yang di tancapkan ke dalam polybag yang sudah diisi dengan tanah : sekam (3:1)

Ini kita lagi dapet penjelasan dari bapak kepala bidang Pembinaan Hutan PT. BMAL Ir. Gusti Mirhasani 

kalian lihat bukan gambar diatas yang warna merah berduri ? (ya lihat) nah itu yang namanya "Layung", ini juga sejenis durian, warnanya merah, dagingnya tipis dan harus dibelas dulu pake parang dan sejenisnya untuk membukanya. Tapi yang sati ini beda, ini bisa dibuka, karena ini masih kecil yang kita temukan saat kita mencari sinyal di atas dengan penuh perjuangan.

Pas pulang ke mess, kita dikagetkan dengan beberapa buah durian yang ada di depan mata (wow). Pak Mantri membeli dari masyarakat yang ada di Teluk Lihat, ga tanggung-tanggung iya beli sekarung men.sekaruung :D, puas banget makannya :D

27 Februari 2014
muat-angkut-bongkar (logging truk)

 hari ini gue ikutan naik logging truk (lo bayangin), betapa deg-degannya gue sebelum naik. takut kalau-kalau semua log yang dibawa tiba-tiba jatuh pas tanjakan dan mendorong ke depan ketika turunan. sereeeem. Tapi pas udah naik biasa aja, dan pengen lagi xD

malam nya kita diajakin buat bakar-bakaran lagi dalam rangka syukuranlah abis gajian gitu, disini kita bakar sate, bakar ayam, ada kacang, permen, dan makanan ringan lainnya. Apalagi ditambah dengan musik dangdut yang aduhaaaaaiii menggoda sekali. hehe
 
28 Februari 2014
  no



mungkin hanya sedikit kata yang aku sampaikan, namun banyak makna terselip di dalamnya. disini akhir penghujung februari. berharap semoga maret nanti bisa lebih baik :))

see you in the next my story "sekelumit cerita praktek kerja lapang (part 4)" ....


-thank you for reading my blog-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar